Selasa, 28 Juni 2011

Pelatihan Duta Air yang menyenangkan (1)

Sahabat Air, hari ini Jua akan menceritakan pengalaman Jua di " Instalasi Pengolahan Air Palasari" di Desa Geblug. Hari Minggu tanggal 26 Juni 2011, kami Duta Air berkumpul di PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, kami siap berangkat lalu kami semua dibagikan "tas reuse" , lucu sekali, sehabis itu kami berangkat pakai mobil PDAM.
Jam 09.00 kami sampai di Palasari, kami berenam diajak untuk lebih mengenal pengolahan air, sumber air, dan lingkungan warga sekitar.

Disana kami diberi penjelasan oleh Bapak Operator PDAM tentang pengolahan air, mulai dari pengolahan, prokulator atau pengadukan cepat yang dialirkan ke sedimentasi atau pengadukan lambat.

Oya, IPA adalah Instalasi Pengolahan Air yaitu tempat pengolahan air dari mata air dan air sungai menjadi air yang siap minum.

Dari sana kami melihat mata air yang keluar dari sela-sela batu. Kami mengamati aliran air sungai Cikondang. Lalu kami siap-siap akan melakukan tanya jawab dengan warga tentang sampah, pengolahan sampah, pemanfaatan sungai dan pemanfaatan fasilitas yang disediakan PDAM.

Kami berjalan-jalan disekitar Desa Geblug, sambil melakukan tanya-jawab, Jua lihat kegiatan warga yang desa yang mandi, mengambil air dari sungai, dan ada banyak sampah yang dibuang sembarangan (jangan ditiru ya sahabat..)


Kami juga mengumpulkan macam macam daun dan bunga yang ada disana, bagus-bagus deh. Terus Jua juga lihat ada tanah longsor, iiih serem. Lalu kami beristirahat untuk makan siang, setelah itu kami berfoto-foto, gayanya lucu-lucu deh.

Oya sebelum makan siang kami melakukan permainan, seru deh “kata mama itu namanya pelatihan sambil bermain”... senengnya Jua dapat hadiah karena Jua hapal nama Direktur Utama PDAM, Bapak Memet Gunawan. Kami juga bermain bisik kata “tugas Duta Air”, begini nih bunyinya :

“ Menjaga kelestarian air, menjaga agar air tidak tercemar, menjaga kebersihan air itu tugas Duta Air”

Sehabis itu kami menanam pohon, Jua menanam pohon rambutan. Kata ka Reza nanti kami boleh melihatnya kalau pohonnya sudah berbuah, rencananya buah itu akan kami bagikan ke warga Desa Geblug. Selesai menanam kami pulang kembali ke kantor pusat PDAM Tirta Pakuan.

Dari awal sampai kami pulang kami didampingi oleh Ka Nana, Ka Reza, Bu Neri dan Pak Dokter Yudi, terimakasih banyak untuk ilmu dan pengalaman Jua hari minggu ini, Jua tidak sabar pergi ke Dekeng Minggu depan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar